Creative Fest Epiwalk – Pannafoto Institute

IMG_3998

Pameran karya karya seni di mall baru di area kuningan Epicentrum yaitu EPIWALK menghadirkan instalasi, djarum black inovativ yang “sangat inovativ” berbagai poster silent is apa gt saya lupa. Sampai saya melihat beberapa papan foto yang masi tergeletak di lantai . beberapa foto b/w yang di pasang dengan rapih sebagian di lantai memperlihatkan foto-foto bergaya jurnalistik. sekilas saya melihat sampai saya berhenti di 1 caption yg bertuliskan Rian Afriadi blablabala (bisa di lihat di foto keterangannya) ternyata salah satu kontributor dari Pannafoto institute yang pameran di EPIWALK CREATIVE FEST. Event yang sudah berakhir 19 Desember 2010 ini walaupun dalam skala kecil ternyata cukup membuat daya tarik (bagi saya juga tentunya), karena saya cukup penasaran di emailnya lah sang fotografer rian afriadi .

Kita sebenernya enggak nyebut itu “pameran” karena skalanya yang kecil dan foto2nya yang enggak banyak. kita nyebutnya “photo show” katanya.

Foto2nya memang dibuat sedikit (1 orang hanya 2 atau 4 foto) dan hanya 1 tema per orang supaya viewer bisa lebih dalam memaknai foto, jadinya tidak begitu terpecah, photo show ini di bawah bendera pannafoto (pannafoto.org). dia ada kelas “archetypal narrative photography”. pannafoto sendiri lebih condong ke documentary photography / photojournalism di mana sebuah foto harus memiliki issue. gw sendiri yang basicnya pehobby street photography, ketika dibawa ke photojournalism, maka motretnya kebawa nyetrit juga.

Ada beberapa unsur simbolisme yang ada di foto2 gw yang dipajang : sampah, orang nyengir (itu adalah SBY yang nyengir di spanduk), anak SD dengan tatapan sayu/sedih, gundukan puing2 bangunan.

Foto 1 setting di jakarta. objek utama SBY nyengir

Foto 2 setting di sekolah dekat tempat pembuangan sampah akhir bantargebang, objek utama anak2 SD dengan tatapan menerawang

ryan afriadi - epicentrum walk panna foto photo show

2 foto itu ada kesamaan : ada pantulan kaca : sampah

Dari simbolisme2 itu orang bisa interpret masing-masing, tapi gw yakin interpretasinya cenderung gloomy,

selain gw, di photo show itu ada juga : arif setiawan, yessi pratiwi ( gambar di bawah kiri-kanan) dan allan arthur, yoppy pieter.

arif setiawan -epicentrum walk panna foto institute photoshow
yessi pratiwi -epicentrum walk panna foto institute photoshow
selamat taun baru!
ivan jasadipura
Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *