Komunitas street photography di flickr

Dimasa sekarang begitu banyak pilihan aplikasi web atau aplikasi jejaring sosial untuk mempublikasikan foto kita di internet.  Saat ini kita bahas flickr yuk, salah satu layanan berbagi foto yang populer di internet, tentu saja dalam hal ini saya bahas yang berkaitan dengan street photography.

Seperti layanan sharing foto lainnya flickr mempunyai layanan umum seperti upload dari komputer atau gadget, editing, dan fitur lainnya, kita ga akan bahas soal teknisnya disini. Di flickr kita akan menemukan komunitas photography yang amat beragam dan jumlahnya makin terus bertambah.  Seorang pemula dapat langsung berinteraksi dengan photographer profesional yang sudah lebih berpengalaman, bertukar pengetahuan dan menjalin pertemanan.
Foto yang kita upload juga akan mendapat komentar beragam yang dapat membantu dalam proses belajar untuk menghasilkan karya yang lebih baik.  Salah satu layanan di flickr adalah groups, dapat digunakan untuk membangun komunitas photography dengan minat yang sama.

Kita dapat menggali banyak hal dari komunitas photography di flickr ini, banyak grup dengan tema street photography yang menarik diamati. Masing-masing punya ciri khas tersendiri, sebuah group dapat mempunyai aturan yang berbeda dan moderator punya wewenang mengatur komunitasnya. Proses belajar saya dalam photography adalah dengan melihat banyak foto, dengan mengamati banyak foto dapat memberikan motivasi buat saya, dan menambah ingatan dikepala yang berguna saat berburu moment dijalan 🙂
Jadi dengan mengamati pool di grup-grup street photography di flickr menambah wawasan saya tentang street photography. Kita juga bisa berinteraksi atau ikut aktif dalam forum dari grup-grup tersebut.
Beberapa grup mempunya tim kurator untuk menyeleksi foto-foto yang masuk di pool, sebut saja seconds2real selain seleksi fotonya ketat juga membatasi photographer untuk submit hanya 1 photo perbulan. Hal ini dapat memacu kreativitas dan kemampuan editing untuk memilih foto terbaik untuk gallery tersebut. Dan juga grup tersebut sudah berhasil membuat buku street photography kumpulan karya mereka.

Atau mungkin anda punya selera yang lebih spesifik?
Suka motret keindahan perempuan berjalan di trotoar atau tempat umum? ada grupnya
HCB fans dan cinta sama geometri? silakan lihat koleksinya disini dan disini
Mau liat koleksi foto nenek atau kakek dijalanan? bisa liat disini
Hasil motret refleksi di tempat umum, ada disini
Suka dengan gaya sureal? ada juga
Suka motret malem dan terinspirasi dari film misteri? ada
Moment menarik juga ada di pantai, silakan liat koleksi fotonya

Bisa juga kumpul sesama photographer yg mengidolakan Martin Parr, HCB, Winogrand, Alex Webb, Eggleston dan lainya. Jika punya koleksi street foto anda bisa submit ke dalam grup-grup diatas, atau bergabung di forum berinteraksi dengan member lainnya, kadang juga ada lomba yg bisa diikuti meski ga dapet hadiah tapi bisa memacu kreatifitas.
Atau malah bikin grup sendiri dengan ciri khas yang diinginkan, tinggal undang user lain untuk bergabung.

Buat saya yang baru mengenal street photography, mengamati grup-grup tersebut bisa memberi ide baru. Berbeda dengan mengamati photoblog dimana karya yang tampil adalah hasil “jadi”. Mengamati stream photographer lain di flickr dapat dilihat tidak hanya hasil akhir, tapi juga proses sang photographer dalam berkarya.

Tools baru dari flickr yaitu gallery yang memungkinkan kita untuk mengumpulkan foto-foto selain foto sendiri untuk dibentuk dengan tema yg sama. Ini salah satu gallery yang saya buat dari grup WDTS disaat iseng 🙂

Layanan di flickr memudahkan photographer untuk berinteraksi, membangun jaringan, dan mempublikasikan karyanya. Jika anda punya account yahoo maka dapat segera login di flickr dan upload foto-foto streetnya, salah satu grup yg saya temukan Walked down the street, silakan bergabung 😉

Semoga jadi manfaat

ealah hampir lupa, link flickr gratisan saya:
http://www.flickr.com/photos/25162474@N05/

Share Button

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *